PENDIRIAN PEGADAIAN SWASTA

PENDIRIAN PEGADAIAN SWASTA

PENDIRIAN PEGADAIAN SWASTA

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin usaha kepada 16 perusahaan pegadaian swasta hingga Januari 2018. Mengutip laman website OJK, Kamis (1/2/2018), perusahaan pegadaian yang diatur dan diawasi oleh OJK adalah perusahaan pegadaian pemerintah, yakni PT Pegadaian (Persero) serta pegadaian swasta. Adapun pengawasan terhadap usaha pegadaian ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 31/POJK.05/2016 tentang usaha pegadaian bertujuan untuk menciptakan usaha pegadaian yang sehat, memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha pegadaian dan perlindungan kepada konsumen.

Adapun perusahaan pegadaian yang terdaftar dan berizin OJK antara lain PT Pegadaian (Persero), koperasi simpan pinjam mandiri sejahtera abadi, koperasi serba usaha dana usaha, PT HBD Gadai Nusantara, PT Mitra Kita, PT Gadai Pinjam Indonesia. Selain itu, PT Sarana Gadai Prioritas, PT Mas Agung Sejahtera, PT Surya Pilar Kencana, PT Mitra Gadai Sejahtera Kepri, PT Svara Penjuru Vijaya, PT Pusat Gadai Indonesia, PT Persada Aritha Mandiri, Solusi Gadai, Jasa Gadai Syariah, CV Souverindo Ekasakti, dan PT Sili Gadai Nusantara.

Untuk itulah usaha gadai swasta ini sangat menjanjikan dari sisi keuntungan baik untuk dijalankan, baik menjadi unit baru di dalam koperasi yang sudah ada, ataupun menjadi bentuk usaha tunggal. Terkait dengan hal tersebut kami menawarkan 2 jasa terkait pendirian usaha gadai ini pertama, jasa konsultasi dan kedua jasa pembuatan studi kelayakkan / Feasibility Study pembuatan usaha gadai.

BIAYA DAN WAKTU

Paket Jasa Consultation

Paket A,  Konsultasi 1 jam (One Hour Consultation) atau 60 menit dengan biaya Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah),  Klien diwakili hanya 1 orang.

Klien langsung bercerita tentang permasalahan yang dialami dan solusi yang diinginkan.

Paket B, Half Day Consultation dengan biaya Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Klien diwakili hanya 2 orang. Waktu 3 – 4 jam, dengan jeda waktu istirahat 1 jam dengan asumsi setengah hari kerja setara dengan 4 jam. Klien langsung bercerita tentang permasalahan yang dialami yang dialami dan solusi yang diinginkan.

Paket C, One Day Consultation dengan biaya Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah). Klien diwakili hanya 3 orang. Waktu 7 – 8 jam, dengan asumsi satu hari kerja setara dengan 8 jam dengan jeda waktu istirahat 1 jam. Klien langsung bercerita tentang permasalahan yang dialami dan solusi yang diinginkan. Untuk hasil konsultasi maksimal diharapakan waktu pelaksanaan dilaksanakan di hari dan jam kerja. Mulai jam 09.00  – 17.00 WIB/WITA/WIT.

Jasa Studi Kelayaan / Feasibility Study

Biaya yang di butuhkan untuk pembuatan Studi Kelayakaan ini sebesar 10 % dari besarnya dana yang akan dinvestasikan. Waktu pembuatan minimal 3 bulan dari waktu penandatanganan perjanjian  MOU, dan maksimal 6 bulan dari waktu penandatanganan perjanjian MOU.

MEKANISME PEMBAYARAN

Jika nilai proyek kurang dari Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah), maka dibagi dalam 2 termin. Termin pertama 40 % diberikan diawal setelah kedua belah pihak menandatangani perjanjian /MOU dan sisanya termin ke dua 60% setelah pekerjaan selesai ditandai dengan penyerahan dokumen Studi Kelayakkan (Feasibility Study)

Pembayaran dilakukan minimal 1 jam sebelum kegiatan konsultasi dimulai, dengan didahului klien melakukan pendaftaran / registrasi secara online atau offline. Pembayaran bisa secara langsung / cash atau via transfer antar rekening bank.

Jika pekerjaan dilakukan diluar propinsi Yogyakarta, biaya transportasi dan akomodasi untuk survey awal yang dilakukan oleh tim survey akan dibebankan kepada pihak klien.

PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami buat dan sampaikan, semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian, kesempatan dan kerjasama yang akan terjalin kami ucapkan terima kasih. Salam Sukses Selalu !!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*