PELATIHAN PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA BAGI MAHASISWA

garduation

PENDAHULUAN

Persaingan dunia kerja di era globalisasi ini semakin ketat. Persaingan tidak hanya dengan sumber daya manusia setempat, namun juga bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Dengan kondisi ini, gelar pendidikan tidak lagi menjadi hal utama, melainkan kebutuhan akan keterampilan yang beragam dari tiap-tiap orang. Setiap yang ingin maju dalam karir dan pekerjaan, mesti selalu memiliki semangat untuk senantiasa melakukan pengembangan diri dan memupuk mental pribadi positif.

Tidak hanya membutuhkan pendidikan dan gelar saja namun kecakapan, ketrampilan dan kepribadian lebih menentukan kesuksesan seseorang dalam kerja. Setidaknya anda bisa membentuk dan mengembangkan beberapa keterampilan pribadi berikut yang membantu anda dalam meraih sukses karir. Tentunya setiap keterampilan yang kita miliki harus disesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan atau yang sedang dijalani. Semakin banyak keterampilan pribadi yang dikuasai untuk satu pekerjaan, semakin besar kemungkinan berkarir dalam pekerjaan tersebut. Mari kita persiapakan dan kembangkan keterampilan pribadi kita masing-masing, agar kita memiliki pesona dan daya pikat bagi dunia kerja pada umumnya dan bagi perusahaan pada khususnya.

TUJUAN

  1. Memberikan peserta pemahaman tentang ruang lingkup dunia kerja.
  2. Memberikan peserta pemahaman tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan mulai saat ini
  3. Memberikan peserta pengetahuan teknis dalam menulis/membuat lamaran, membuat resume dan curiculume vitae.
  4. Memberikan peserta tip dan trik menghadapi FGD, Psikotes dan wawancara kerja.

MATERI

Kegiatan pelatihan ini dirancang untuk dilaksanakan dalam 2 (dua) hari.

Di mulai Pukul 08.00 dan diakhiri Pukul 16.00 WIB, dengan jadwal kegiatan sebagai berikut :

Hari Pertama

  1. Ruang Lingkup Dunia Kerja
  2. Hubungan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja
  3. Membangun citra diri professional
  4. Tampil percaya diri
  5. Komunikasi efektif

Hari Kedua

  1. Praktek/Simulasi :
  2. Membuat Lamaran Kerja
  3. Curiculume Vitae
  4. Psikotes
  5. Focus Group Discussion (FGD)
  6. Interview Kerja

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Alternatif Waktu Kegiatan :

  • 11-12 Januari 2021
  • 8-9 Februari 2021
  • 15-16 Maret 2021
  • 12-13 April 2021
  • 10-11 Mei 2021
  • 14-15 Juni 2021
  • 12-13 Juli 2021
  • 18-19 Agustus 2021
  • 13-14 September 2021
  • 11-12 Oktober 2021
  • 15-16 November 2021
  • 13-14 Desember 2021

PEMATERI / NARASUMBER :

Tirtana Brachnata, SE., MM – Saat ini menjabat sebagai Director Executive CV Indo Asia Learning and Developing Center, beliau juga pemegang sertifikat / certified Master Trainer –LSP IKI – BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) certified Manager Manajemen Perubahan dari LSP MPSDM – BNSP, Consultan – certified Asosiasi Konsultan Keuangan Mitra Bank (AKKMB) – Bank Indonesia Yogyakarta.

Beliau berpengalaman memberikan Training dan Consultasi di beberapa perusahaan di antaranya PT. Surveyor Indonesia cabang Banjarmasin dan cabang Surabaya, PT. Multi Strukture, dan PT. RAPP, IHT PT. Nusa Halmahera Mineral, PT. Trakindo cabang Nusatenggara, PT. Jresouces Bolangan Mogondo, Gorontalo PT. Indocement  Tunggal Prakarsa, IHT PT. Holcim Indonesia Tbk – Narogong, PT. Honda Lock Indonesia, PT. Indoche, PT. BUMA, CV.Karya Mandiri, PT. Conwood Indonesia, PT. Atlas Copco Nusantara, Tbk. , Bringin Life,  PT. Vico Indonesia, PT. PT. Reiked Wearly Person Indonesia, PT. IPMOMI Paiton, , PT. Meares Soputan Meaning, PT. Jhonlin Baratama, PT. Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), Wasnaker Kaltim, PT.IPMOMI, PT. Newmont, PT. BANK BUKOPIN, PT. INDOSAT, Tbk PT. INALUM, LSP Pasar Modal,  PT. Surveyor Indonesia Batam, PT.Surveyor Indonesia Palembang, PMI Kota Surabaya, PT. Yogjinjavasuka Garment, BLKN- LN Jawa Tengah (Batch I dan II), Pusat Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Kementrian Pertanian, PT. VADS Yogyakarta, PT. Vale Indonesia, Tbk, Asuransi Bumi Putra, RS Cakra Husada Klaten, PT. Semen Baturaja, PT. Bukit Asam, Tbk, PT. Natarang Mining, PT. Megah Surya Pertiwi, PT. Baturona Adimulya, PT. Kaltim Prana Industri, Pusdiklat Geologi Bandung, PT Jasa Prima Perkasa, CV Riffa Transport, PT. Bank Papua, PT. Bio Farma, Tbk, Rumah Sakit Prop. Dr. Sarjito, RS. Port Medical Center-Jakarta, RSUD Kabupaten Pacitan, RSUD Sampang, RSUD Budi Mulia Tomohon, RS Haji Surabaya, Laboratorium Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Maluku, PT. PJB (Pembangkitan  Jawa Bali –Surabaya), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Informasi Universitas Islam Indonesia, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kementrian  Luar Negeri Republik Indonesia, Kementrian Agama Republik Indonesia, Basarnas Republik Indonesia, PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Boko.

TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan Pelatihan ini diselenggaran di AULA PTS/PTN masing-masing dan atau tempat lain yang ditentukan oleh pihak Perguruan Tinggi.

PESERTA

Mahasiswa dan Mahasiswi semester III, IV, V dan VI setiap kelas berjumlah minimal 15 orang dan maksimal 25 orang

BIAYA DAN FASILITAS KEGIATAN

Besar biaya kegiatan pelatihan selama 2 (dua) hari ini sebesar Rp. 30.000.000 terbilang Tiga puluh juta rupiah (sudah termasuk pajak), fasilitas yang di dapatkan co-card, note book, ballpoint, modul pelatihan dan soal simulasi serta sertifikat pelatihan.

Paket Training On Bus :

Paket Training On Bus di Jogjakarta , Biaya Mulai dari Rp. 5.000.000,- /peserta * Non Residential jumlah minimal peserta 5 Orang.

Paket Training On Bus di Jakarta , Biaya Mulai dari Rp. 5.000.000,- /peserta * Non Residential jumlah minimal peserta 7 Orang.

Paket Training di Luar Negeri :

Paket Training in Singapura, Malaysia, Hongkong, Philipina, Brunai, Vietnam, Timor Leste : Biaya mulai 25.000.000,- /peserta * Non Residential  jumlah minimal peserta 5 orang.

Biaya tidak termasuk biaya penginapan peserta,biaya transportasi, akomodasi, instruktur, staff dokumentasi, coffe break dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*