Jasa Studi Kelayakan Pendirian Restoran


PENDAHULUAN

Jasa studi kelayakan restoran kini menjadi kebutuhan bagi pelaku bisnis. Menjalankan sebuah bisnis dengan berbagai macam rintangan dan tantangan bisa jadi tidak mudah dilakukan. Apalagi di Indonesia persaingan bisnis di bidang kuliner sangat pesat. Untuk memastikan sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar diperlukan analisa yang mendalam.

Berbicara mengenai bisnis, dewasa ini restoran memiliki daya tarik yang tinggi. Bisnis restoran kerap menjadi batu loncatan banyak orang, agar sukses dalam skala besar. Sesuai namanya restoran identik dengan kuliner dan cara penyajian serta tenaga profesional di bidang tersebut. Bila Anda tertarik untuk membuka restoran, sudahkah Anda merencanakan hal ini?

Saat hendak memulai bisnis tahapan persiapan dan rencana harus dilakukan secara mendetail. Artinya perhitungan tidak boleh melenceng dari perencanaan. Begitu pula dengan analisa resiko yang kelak akan dihadapi, inilah peran dari jasa studi kelayakan restoran. Selain itu, ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan, seperti beberapa keuntungan di bawah ini.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang hendak membuka bisnis restoran? Disadari atau tidak saat hendak memulai bisnis tersebut berbagai keraguan muncul. Salah satunya perihal rencana anggaran yang perlu dipersiapkan. Barangkali menyusun anggaran untuk membuka sebuah bisnis restoran tidaklah mudah dilakukan. Terlebih restoran tersebut berskala menengah sampai besar.

­­­Apakah nilai anggaran yang dimiliki sudah sesuai dan tepat dengan kebutuhan? Pertanyaan ini harus dijawab dengan analisas yang kuat. Karena dengan analisa terbaik nantinya tidak akan ada anggaran yang terbuang sia-sia. Atau lebih-lebih kekurangan anggaran di tengah perjalanan bisnis. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu mempertimbangkan jasa studi kelayakan restoran.

Tidak hanya itu, perencanaan juga mengarah pada kelayakan tempat usaha yang akan dijadikan sebagai pusat bisnis. Karena bisnis yang akan dijalankan berhubungan dengan kuliner, maka tempatnya selalu berhubungan dengan minat pengunjung. Artinya jasa ini akan membantu Anda dalam menentukan lokasi yang lebih banyak diminati pengunjung masa kini.

Saat ini barangkali Anda bisa saja membuka bisnis restoran di beberapa tempat. Tapi sudah yakinkah Anda tempat tersebut termasuk lokasi yang strategis. Bisnis di lokasi yang strategis akan mendatangkan keuntungan besar di kemudian hari. Oleh sebab itu, bantuan dari jasa studi kelayakan restoran diperlukan guna menentukan lokasi strategis tersebut.

TUJUAN

  • Menjadi dasar acuan dalam mewujudkan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Restoran
  • Menjadi acuan bagi pengelola Restoran maupun bagi konsultan perencana sehingga masing-masing pihak dapat memiliki persepsi yang sama.
  • Menjadi pemenuhan salah satu persyaratan pengurusan Ijin Mendirikan Restoran

RUANG LINGKUP

  • Analisis Lingkungan/ Situasi Kecenderungan Aspek Internal dan Eksternal,
  • Analisis Permintaan terkait Kelayakan dari Aspek-aspek yang dapat mempengaruhinya,
  • Analisis Kebutuhan dan Analisis Keuangan
  • Rekomendasi Kelayakan dari Rencana Pendirian atau Pengembangan Restoran

BIAYA DAN WAKTU PEMBUATAN

Biaya yang di butuhkan untuk pembuatan Studi Kelayakaan ini mulai Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tergantung dari luasnya bidang usaha. Waktu Pengerjaan minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan setelah penandatangan perjanjian/MOU.

MEKANISME PEMBAYARAN

Jika nilai proyek kurang dari Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah), maka dibagi dalam 2 termin. Termin pertama 70 % diberikan di awal setelah kedua belah pihak menandatangani perjanjian /MOU dan sisanya termin ke dua 30% setelah pekerjaan selesai ditandai dengan penyerahan dokumen Studi Kelayakkan (Feasibility Study)
Namun jika nilai proyek lebih dari Rp. 600.000.000 (enam ratus juta rupiah), maka dibagi dalam 2 termin. Termin pertama 50 %, diberikan di awal setelah kedua belah pihak menandatangani perjanjian/MOU dan sisanya termin kedua 50% dibayarkan setelah pekerjaan diselesaikan ditandai dengan penyerahan dokumen Studi Kelayakkan (Feasibility Study).

Jika pekerjaan dilakukan diluar kota Yogyakarta, biaya transportasi dan akomodasi untuk survey awal yang dilakukan oleh tim survey akan dibebankan kepada pihak klien.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*