Inkubator Bisnis

Inkubator bisnis di Indonesia mulai ramai seiring dengan tingginya antusiasme bisnis rintisan baik yang bergerak di bidang teknologi hingga inovasi produk yang variatif.

Mulai menjamurnya tech start-up di Indonesia, misalnya, diilhami oleh kesuksesan lima tech start-up asal Indonesia yang kini telah berhasil menjadi unicorn. Bagi kita sebagai pelaku usaha berupa produk hingga perusahaan rintisan berbasis teknologi, inkubator bisnis dapat menjadi bagian penting dalam perjalanan usaha rintisan.

Tujuan program inkubator bisnis

  1. Memberikan peserta pengetahuan dan pemahaman terkait mainset seorang pebisnis.
  2. Memberikan peserta pengetahuan dan pemahaman terkait 5 W dan 1H suatu proses bisnis.
  3. Memberikan peserta pengetahuan dan pemahaman bagaimana cara meningkatkan omset bisnis secara terukur.

Proses Inkubasi terdiri dari 3 tahap :

  1. Pra Inkubasi terdiri dari seleksi tenant dan promosi.
  2. Inkubasi terdiri dari 3 tahap yaitu Tahap Pertama atau tahap Awal, Tahap Kedua atau Tahap Pengembangan, dan Tahap Ketiga atau Tahap Lanjut.
  3. Pasca Inkubasi meliputi pengembangan jejaring usaha nasional maupun internasional.

MATERI :

  • Tahap Awal, ditahap ini peserta akan diberi materi tentang : Pelatihan teknik basic dan manajemen, Legalitas usaha, Penyusunan rencana bisnis, Uji coba produksi, Uji coba pasar.
  • Pengembangan, dalam tahap ini peserta akan mempelajari tentang : Produksi awal, Pemasaran produk, Pengajuan HKI, Standardisasi proses produksi, Sertifikasi produk.
  • Tahap Lanjut, tahap ini peserta mulai mempelajari tentang : Produksi komersial, Perluasan pasar, Peningkatan efisiensi produksi dan manajemen usaha, Pengembangan jejaring (networking).

PERSYARATAN PESERTA :

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 17 tahun
  • Memiliki usaha minimal 3 bulan berjalan
  • Mahasiswa / Umum

TEMPAT PELAKSANAAN :

Training Room PT Indo Asia Internasional Solusi

Jl. Prambanan – Piyungan Km.5, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

WAKTU PELAKSANAAN :

Kegiatan ini dimulai tanggal 5 setiap bulan, dengan pilihan program :

Program inkubator 3 bulan, Program inkubator 6 bulan dan Program inkubator 12 bulan

BIAYA KEGIATAN :

Biaya Registrasi kegiatan ini Rp 500.000,- dilaksanakan diawal kegiatan untuk melakukan cek up kesehatan bisnis/usaha.

Paket I, JUNIOR BUSINESS, minimal 3 bulan kegiatan secara intensive selama 78 hari kerja dengan format 30% Teori dan 70% Praktek. Biaya untuk paket ini 25.000.000 (Dua puluh lima Juta Rupiah)

Paket II, SENIOR BUSINESS, minimal 6 bulan kegiatan secara intensive selama 156 hari kerja dengan format 30% Teori dan 70% Praktek. Biaya untuk paket ini 45.000.000 (Empat puluh lima Juta Rupiah).

Paket III, MASTER BUSINESS, minimal 12 bulan kegiatan secara intensive selama 312 hari kerja dengan format 30% Teori dan 70% Praktek. Biaya untuk paket ini 75.000.000 (Tujuh puluh lima Juta Rupiah)

CEK KESEHATAN

Cek kesehatan usahan meliputi : cek kesehatan bidang organisasi, cek kesehatan bidang pemasaran, cek kesehatan bidang SDM, cek kesehatan bidang Keuangan meliputi :

Rasio Profitabilitas, yang disebut dengan analisa tingkat keuntungan, merupakan rasio yang digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba dari Kegiatan usahanya. Mulai dari kegiatan penjualan, penggunaan aset, maupun ekuitasnya berdasarkan pengukuran ilmu akuntansi.

Rasio Likuiditas, sering juga disebut dengan analisa kesehatan kas, merupakan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Contohnya gaji karyawan, hutang perusahaan, biaya operasional, dan sebagainya. Jika perusahaan mampu memenuhi kewajibannya berarti perusahaan memiliki tingkat likuiditas yang baik. Sebaliknya, jika perusahaan tidak mampu memenuhi kewajibannya, berarti perusahaan tersebut tidak memiliki tingkat likuiditas yang baik dan keuangan perusahaan menjadi kurang sehat.

Rasio Solvabilitas, ini biasanya digunakan untuk mennjau posisi perusahaan yang dilihat dari kewajibannya kepada pihak lain, termasuk kreditor dan yang terakhir Rasio Aktifitas, ini digunakan untuk menganalisa seberapa efektif dan efisien perusahaan dalam menggunakan dan memanfaatkan semua sumber daya dan aset yang dimiliki oleh perusahaan.)

Tahap Pertama

Tidaklanjut setelah kesehatan usaha dicek akan terlihat bagian/bidang apa saja yang memiliki nilai mayor dan bidang apa saja yang memiliki nilai minor.

Misalnya : Jika nilai minor terdapat di bidang ke pemasaran maka team konsultan pendamping akan fokus melakukan perbaikan di bidang pemasaran. Begitu juga jika terdapat 2 bidang yang mendapatkan hasil minor maka konsultan pendamping akan fokus melakukan pendampingan di kedua bidang tersebut.

Tahap Kedua

Pelaksanaan konsultasi dan pendampingan

Pelaksanaan konsultasi dan pendampingan, konsultasi dan pendampingan dilaksanakan minimal 2 kali 1 minggu dan maksimal 4 kali dalam 1 minggu. Sesi Konsultasi akan diberikan oleh konsultan minimal 2 jam setiap sesi dan maksimal 2 sesi konsultasi dengan total durasi waktu 4 jam dengan materi konsultasi yang sudah disepakati sebelumnya oleh peserta inkubator dan konsultan. Begitu juga dengan sesi pendampingan akan diberikan minimal 2 jam persesi dan maksimal 2 sesi pendampingan

Tahap Ketiga

Evaluasi kegiatan dan Pencapaian

Kegiatan evaluasi akan dilakukan setiap bulan bisa diakhir bulan, dipertengahan bulan dan atau diawal bulan menyesuaikan waktu dimulainya kegiatan inkubator bisnis ini. Pada kegiatan evaluasi ini akan dilihat capaian sudah diperoleh peserta inkubator bisnis. Kegiatan ini berupa pemaparan hasil dengan presentasi oleh konsultan pendamping

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*