STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PADA USAHA CAFÉ


PENDAHULUAN

Studi kelayakan ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat bisnis maupun masyarakat umum yang baru melangkah dalam dunia wirausaha, namun yang hendak mengembangkan usaha bisnis mereka menjadi lebih luas dan maju. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membuka dan mengembangkan usaha untuk
memperbaiki kondisi perekonomian mereka.
Studi kelayakan merupakan suatu alat yang mampu menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan untuk menerima atau menolak suatu usulan investasi dalam membangun atau mendirikan rencana proyek/usaha.
Pengertian layak dalam penilaian sebagai studi kelayakan maksudnya adalah kemungkinan dari gagasan usaha/proyek yang akan dilaksanakan memberikan manfaat (benefit), baik dalam arti financial benefit maupun dalam arti social benefit. Layaknya suatu gagasan usaha/proyek dalam arti social benefit, tidak selalu menggambarkan layak dalam konteks financial benefit dan begitu pula sebaliknya.

Apakah investasi pada pendirian usaha ini layak untuk dilaksanakan dan dalam jangka waktu berapa lama usaha depot ini dapat mengembalikan investasinya. Untuk itu perlu dilakukannya suatu penelitian tentang studi kelayakan bisnis yang akan ditinjau dari berbagai aspek yang terkait. Usaha ini merupakan suatu konsep usaha perorangan yang berencana menjual makanan khas dengan menu khas Indonesia, dalam rencana pendirian proyek dengan pengembangan menu yang lebih spesifik dan bertujuan untuk memperkuat citra café dalam upaya memperoleh keunggulan kompetitif dari para pesaing disekitar tengah kota.
Studi kelayakan ini juga untuk mengetahui besarnya dana investasi yang dibutuhkan, pada pasar yang ada, dan kendala apa saja yang mungkin terjadi dalam proses mendirikan jenis usaha café tersebut. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk melakukan analisa kelayakan usaha ditinjau dari berbagai aspek, yaitu aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek finansial atau keuangan, serta aspek sosial

TUJUAN

  • Menjadi dasar acuan dalam mewujudkan Rencana Pembangunan dan Pengembangan CAFE
  • Menjadi acuan bagi pengelola CAFE maupun bagi konsultan perencana sehingga masing-masing pihak dapat memiliki persepsi yang sama.
  • Menjadi pemenuhan salah satu persyaratan pengurusan Ijin Mendirikan CAFE

RUANG LINGKUP

  • Analisis Lingkungan/ Situasi Kecenderungan Aspek Internal dan Eksternal,
  • Analisis Permintaan terkait Kelayakan dari Aspek-aspek yang dapat mempengaruhinya,
  • Analisis Kebutuhan dan Analisis Keuangan
  • Rekomendasi Kelayakan dari Rencana Pendirian atau Pengembangan USAHA CAFÉ

TAHAPAN

BIAYA DAN WAKTU PEMBUATAN

Biaya yang di butuhkan untuk pembuatan Studi Kelayakaan ini mulai Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tergantung dari luasnya bidang usaha. Waktu Pengerjaan minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan setelah penandatangan perjanjian/MOU.

MEKANISME PEMBAYARAN

Jika nilai proyek kurang dari Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah), maka dibagi dalam 2 termin. Termin pertama 70 % diberikan di awal setelah kedua belah pihak menandatangani perjanjian /MOU dan sisanya termin ke dua 30% setelah pekerjaan selesai ditandai dengan penyerahan dokumen Studi Kelayakkan (Feasibility Study)
Namun jika nilai proyek lebih dari Rp. 600.000.000 (enam ratus juta rupiah), maka dibagi dalam 2 termin. Termin pertama 50 %, diberikan di awal setelah kedua belah pihak menandatangani perjanjian/MOU dan sisanya termin kedua 50% dibayarkan setelah pekerjaan diselesaikan ditandai dengan penyerahan dokumen Studi Kelayakkan (Feasibility Study).

Jika pekerjaan dilakukan diluar kota Yogyakarta, biaya transportasi dan akomodasi untuk survey awal yang dilakukan oleh tim survey akan dibebankan kepada pihak klien.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*