Pendampingan Penulisan Jurnal Ilmiah

Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional di Bidang Lingkungan Hidup

PENDAHULUAN
Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional diperlukan untuk menunjang internasionalisasi universitas. Semakin tinggi jumlah publikasinya, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat.
Dalam rangka memberikan informasi esensial dan lebih banyak pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen di bidang lingkungan hidup yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah pada publikasi internasional. Serta untuk mengembangkan pengetahuan serta meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah pada publikasi internasional bagi para mahasiswa dan dosen yang selama ini berkarir di bidang di lingkungan hidup. Maka sebagai solusi nyata diperlukan bukan hanya pelatihan namun pendampingan yang tentu saja dilakukan oleh tim yang expert di bidang penulisan jurnal ini.

TUJUAN
1. Tujuan utama kegiatan ini untuk membangkitkan motivasi pentingnya publikasi ilmiah.

2. Memberikan tips dan trik dalam menembus publikasi pada jurnal internasional bereputasi, dan membantu proses/pendampingan untuk menulis, mengirim, dan menjawab/menanggapi hasil review pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, sehingga diharapkan dapat mempercepat publikasi artikel ilmiah dosen dan mahsiswa pada jurnal bereputasi internasional.

3. Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah bisa mendapatkan review dan accepted dalam jurnal yang terindex Scopus.

MATERI

  1. Menulis Artikel untuk Jurnal Akademik Internasional: Dari Laporan Riset ke Artikel Jurnal” pada sesi ini pemateri akan memberikan kiat-kiat bagaimana mengubah laporan hasil riset menjadi sebuah artikel untuk publikasi ilmiah.
  2. Publikasi Internasional: Memilih Jalur Publikasi & Persiapan Manuskrip”. Pada sesi ini pemateri akan memberikan kiat-kiat bagaimana memilih jurnal yang sesuai dengan topik artikel ilmiah yang kita tulis dan bagaimana melakukan submisi ke jurnal tersebut.

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN
Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Alternatif Waktu Kegiatan :
22-24 Juni 2020
20-22 Juli 2020
24-26 Agustus 2020
21-23 September 2020
19-21 Oktober 2020
23-25 November 2020
14-16 Desember 2020

Alternatif Tempat Kegiatan :
1. Hotel Pesonna Malioboro Yogyakarta
2. Hotel Jentra Dagen Malioboro Yogyakarta
3. Hotel dan atau tempat lain berdasarkan permintaan dari peserta

BIAYA KEGIATAN
5.000.000,- /peserta * Non Residential
Biaya tidak termasuk biaya penginapan peserta
Fasilitas : Meeting Room, Lunch & Coffe Break, Dokumentasi, Modul Materi, Sertifikat dan Training Kit.

PESERTA

  1. Dosen Ilmu Lingkungan
  2. Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan
  3. Peneliti/Assisten Peneliti ilmu Lingkungan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*