Feasiblity Study Hotel/Motel/Guest House/Homestay

Feasibility study concept. Notepad on the table.

PENDAHULUAN

Feasibility Study (FS) atau Studi kelayakan bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu bisnis layak dijalankan atau tidak. Kegiatan ini meliputi identifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan bagaimana situasi bisnis dan menilai berbagai manfaat yang dihasilkan.

Begitu juga dengan bisnis di bidang perhotelan, keberadaan FS dalam kaitannya dengan keberlanjutan bisnis, bisa digunakan untuk membantu pengusaha mengambil sebuah keputusan yang tepat. Bagi seorang pebisnis pemula, kegiatan FS ini sangat penting dilakukan karena dapat menghindarkan pebisnis dari kerugian.

Ketika akan melakukan FS ini, setidaknya terdapat 6 (enam) bidang yang akan diteliti dan dianalisis. Ke 6 (enam) bidang tersebut yaitu :

  • Deskripsi pasar,
  • Deskripsi bisnis,
  • Teknologi yang diperlukan,
  • Detail mengenai finansial
  • Struktur organisasi bisnis tersebut,
  • Kesimpulan bagaimana bisnis yang dirintis bisa maju.

TUJUAN PEMBUATAN FISIBILITY STUDY (FS)
Seperti yang telah diketahui, studi kelayakan bisnis memiliki peranan yang vital dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Namun, apa sebenarnya tujuan dari kegiatan ini?

Pada dasarnya, tujuan utama seorang pebisnis melakukan studi kelayakan adalah untuk mengukur apakah sebuah bisnis berpeluang memiliki kelanjutan atau akan berhenti pada titik waktu tertentu. berhenti pada titik waktu tertentu.

Dalam merintis sebuah bisnis, setiap pebisnis pasti ingin usahanya sukses dan berhasil. Namun, tanpa melakukan studi ini, seorang pengusaha layaknya menerobos medan yang tidak diketahui tanpa petunjuk apa pun.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pebisnis karena bisa mengakibatkan bisnis yang didirikan gagal. Sebaliknya, dengan melakukan studi ini pebisnis bisa mengetahui terlebih dahulu apakah bisnis yang didirikan kedepannya dapat berlanjut atau tidak, sehingga membantu pebisnis mengambil keputusan.

WAKTU DAN BIAYA PEMBUATAN FS

Kegiatan pembuatan FS ini membutuhkan waktu minimal 2 bulan dan maksimal 7 bulan, dengan biaya mulai dari Rp. 25.000.000,- hingga Rp. 150.000.000,-

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*