Jasa Pendampingan Sertifikasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Hutan Alam/Hutan Tanam Industri (HTI)

PENDAHULUAN

Sertifikasi merupakan suatu bentuk investasi yang dapat meningkatkan nilai suatu produk dan membuka akses pasar yang lebih luas. Semakin tingginya tuntutan dan permintaan buyer luar negeri yang menginginkan green product, memiliki sertifikat Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Hutan Alam/Hutan Tanam Industri (HTI) dapat dijadikan jaminan bagi buyer luar negeri bahwa produk yang kita miliki bersumber dari kayu dengan pengelolaan hutan lestari, produk kayu berasal dari pengelolaan hutan yang layak secara lingkungan, menguntungkan secara sosial dan berkesinambungan secara ekonomi.Keuntungan memiliki sertifikat SVLK bagi Hutan Alam/Hutan Tanam Industri (HTI) diantaranya sebagai pemenuhan terhadap peraturan pemerintah mengenai legalitas kayu, memperluas pangsa pasar ke negara-negara yang mensyaratkan jaminan legalitas kayu yang diimpor, dan membangun citra positif perusahaan dan produk kayu Indonesia.

TUJUAN

  1. SLVK dapat digunakan sebagai pemenuhan terhadap peraturan pemerintah mengenai legalitas kayu.
  2. SVLK dapat digunakan untuk memperluas pangsa pasar ke negara-negara yang mensyaratkan jaminan legalitas kayu yang diimpor.
  3. SVLK dapat digunakan untuk mengamankan akses pasar ke negara-negara yang telah menerapkan peraturan tentang pengadaan produk kayu
  4. SVLK dapat digunakan untuk membangun citra positif perusahaan dan produk kayu Indonesia

TAHAPAN

  • Persiapan Audit
  • Pengumpulan data dan informasi
  • Verifikasi dokumen
  • Gap Analisis
  • Perumusan permasalahan dan solusi
  • Tindakan solusi
  • Pelaksanaan Audit
  • Audit SVLK akan dilakukan oleh Lembaga VLK yang terakreditasi, kredibel, dan profesional
  • Temuan hasil audit yang belum sesuai standar SVLK akan dilakukan perbaikan sampai memenuhi standar

TATA WAKTU

Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan oleh konsultan yang telah berpengalaman dalam Sertifikasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Hutan Alam/Hutan Tanam Industri (HTI). Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 (Tiga) bulan sejak proposal ditandatangani dan/atau kontrak perjanjian kerjasama ditandatangani oleh kedua belah pihak.

BIAYA

Biaya jasa pendampingan Sertifikasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Hutan Alam/Hutan Tanam Industri (HTI) adalah sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) berdasarkan kapasitas produksi . Biaya tersebut belum termasuk biaya transportasi dan akomodasi tim konsultan dan biaya pajak (Tax 10%). Tahapan pembayaran biaya jasa pendampingan adalah sebagai berikut :

  • Tahap ke-1 sebesar 50% dari total biaya sebesar Rp 50.000.000,-  dibayarkan di awal .
  • Tahap ke-2 sebesar 40% dari total biaya sebesar Rp 40.000.000,- dibayarkan setelah selesai dokumen dan pendampingan untuk siap audit
  • Tahap ke-3 sebesar 10% dari total biaya sebesar Rp 10.000.000,- dibayarkan setelah selesai audit dan  perbaikan temuan hasil audit Sertifikasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*