PELATIHAN BASIC CARGO

Juni 11, 2019 admin 0

PENDAHULUAN

Cargo dapat diartikan yaitu barang-barang/semua yang dikirim melalui udara, laut dan air yang biasanya diperdagangkan, baik antar kota di dalam negeri maupun antar negara.

TUJUAN

  1. Peserta ini diharapkan dapat memahami aturan penanganan pengiriman barang / cargo.
  2. Peserta ini diharapkan dapat memahami cara pengiriman cargo.
  3. Peserta ini diharapkan mampu menjelaskan kembali tata cara penanganan pengiriman cargo baik general cargo maupun special cargo
  4. Peserta ini diharapkan mampu mengklasifikasikan Dangerous Goods.
  5. Peserta ini diharapkan dapat memahami penanganan irregularity & Klaim kehilangan, kerusakan cargo

MATERI

  • Definisi Kargo
  • Penerimaan Kargo
  • Tariff & Biaya Kargo
  • Surat Muatan
  • Pemeriksaan Kargo
  • Pelacakan kargo, Klaim & Refund

PESERTA

Level  Staff atau  Manager yang menangani kargo misal Perusahaan Cargo dan Perusahaan Logistik

PEMATERI/INSTRUKTUR

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi. read more

MANAGEMENT SUPERVISION FOR PRODUCTION SUPERVISOR

Mei 22, 2019 admin 0

PENDAHULUAN

Pelatihan ini adalah salah satu program pelatihan yang diberikan untuk supervisor produksi. Kompetensi yang wajib dipunyai oleh seorang supervisor, yaitu

  • Technical Skill yang terdiri dari mulai tahap awal perencanaan, pengorgaisasian, pengarahan dan tindak lanjut.
  • Human skill  yang terdiri dari communication skill yang baik kepada staff dan memahami permasalahan yang dihadapi staff.

Pelatihan ini fokus pada 4 aspek yang harus dikuasai diantaranya yaitu Bagaimana Me-manage Performa, Bagaimana Me-manage Diri Sendiri, Bagaimana Me-manage Orang Lain/Staff dan Bagaimana Me-manage prioritas dan pekerjaan.

TUJUAN

  1. Peserta diharapkan dapat memahami prinsip Supervisi Produksi
  2. Peserta diharapkan dapat memahami aturan dan fungsi Supervisi Produksi
  3. Peserta diharapkan dapat memahami sistem dalam Manajemen Produksi

MATERI

  • Pengenalan Perusahaan
  • Prinsip Dalam Menyusun Visi dan Misi, Tujuan Perusahaan
  • Production Management
  • Coaching, Counseling & Mentoring
  • Teknik Dalam Memberikan  Imbal Balik/Feed Back Yang Baik
  • Comunnication Skill
  • Motivation
  • Timming Management
  • Manajemen Dalam Mengatasi Tipe-Tipe Staff /Bawahan

PESERTA

  1. Manajer
  2. Supervisor

METODE

  1. Pemahaman Konsep
  2. Diskusi Kasus
  3. Role play
  4. Game

PEMATERI

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi. read more

Pelatihan Perencanaan, Pendirian, Pengembangan dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusahan Daerah (PERUSDA)

Februari 11, 2019 admin 0

Pelatihan Perencanaan, Pendirian, Pengembangan dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusahaan Daerah (PERUSDA)

PENDAHULUAN

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Badan usaha milik daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Selain itu BUMD juga populer dengan sebutan Perusahaan Daerah (perusda) adalah perusahaan yang sebagian atau seluruh modal yang dimiliki adalah milik Pemerintah Daerah, baik berasal dari kekayaan daerah yang dipisahkan maupun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom. Berdasarkan Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 1998 tentang Bentuk Hukum Badan Usaha Milik Daerah (Permendagri 3/1998), bentuk hukum Badan Usaha Milik Daerah dapat berupa Perusahaan Daerah (PD) atau Perseroan Terbatas (PT). read more

Pelatihan Service Excellence bagi Petugas Cleaning Service

Februari 11, 2019 admin 0

PENDAHULUAN

Industri jasa kebersihan adalah industri yang mencakup segala sesuatu, mulai jasa kebersihan alat-alat rumah tangga setiap minggu, sampai bisnis komersial besar yang memerlukan ratusan orang untuk mengerjakannya.Ada juga pekerjan kebersihan rumah tangga, pekerja kebersihan kantor, pekerja kebersihan sekolah dan pekerja kebersihan rumah sakit.

Profesi Cleaning Service secara umum adalah memberikan pelayanan kebersihan, kerapihan dan Hygenisasi dari sebuah gedung/bangunan baik secara indoor ataupun secara outdoor sehingga tercipta suasana yang comfortable dalam menunjang aktifitas sehari-hari bagi siapa saja yang berada di sana. Tujuan dari pekerjaan ini yaitu menghilangkan kotoran sedang ( debu,sampah,air,soap scum,water scale) yang menumpuk. Industri jasa kebersihan di Inggris sangat besar.Perkiraan sat ini menunjukan bahwa industri ini mempekerjakan kira-kira 820.000 orang dan bernilai dikisaran 140 miliyar rupiah.Industri jasa kebersihan ini besar karena industri ini sangat dibutuanhkan dan dianggap penting. Oleh sebab itu, industri jasa kebersihan secara umum bertahap dalam ekonomi yang memburuk. read more

PELATIHAN PENYUSUNAN SOP DAN INSTRUKSI KERJA PADA KEGIATAN / PEKERJAAN DI BIDANG KELISTRIKAN

Januari 21, 2019 admin 0

PENDAHULUAN

Perkembangan sistem tenaga listrik dalam konteks global sangat maju dan pesat. Tujuan utamanya adalah terpenuhinya suplai daya listrik ke konsumen secara berlanjut dengan kualitas yang memenuhi standar peralatan konsumen. Sulit dipungkiri bahwa keberadaan masyarakat modern dewasa ini, tidak terlepas dari penyediaan energi listrik. Industri kelistrikan berperan sebagai salah satu pendukung penting dari proses civilisasi modern. Hal ini bisa dilihat bahwa kegiatan industri, perkantoran hingga rumah tangga tidak akan bekerja optimal tanpa adanya suplai tenaga listrik

Berbanding lurus dengan keadaan dunia global, begitu juga seperti kita ketahui bersama usaha atau kegiatan di bidang kelistrikan di Indonesia dari dulu hingga saat ini mengalami banyak perkembangan baik dari sisi tehnologi pengerjaan proyek maupun dari sisi pendanaan proyek. Semakin besar nilai proyek yang akan dilaksanakan dalam suatu waktu maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Karena itu setiap pengusaha di bidang kelistrikan berusaha selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pemegang saham agar semakin banyak orang yang mau menggunakan jasa perusahaan kelistrikan tersebut. Guna mendukung pengerjaan proyek yang memuaskan bagi konsumen maka manajemen operasional dalam pelaksanaan pekerjaan kelistrikan membutuhkan serangkaian peraturan yang di susun sebagai SOP dan Instruksi Kerja.

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan dokumen yang dibuat dan berkaitan dengan standar prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang serendah-rendahnya. SOP biasanya terdiri dari manfaat, metode penulisan prosedur, kapan dibuat atau di revisi, dan dilengkap dengan bagan flowchart di bagian akhirnya.

Sedangkan yang dimaksud sebagai Instruksi Kerja adalah suatu perintah yang disediakan untuk membantu seseorang dalam melakukan pekerjaan dengan benar atau suatu set instruksi untuk melakukan tugas atau untuk mengikuti prosedur. Tidak semua Prosedur harus dibuatkan Instruksi Kerjanya, yang menjadi bahan pertimbangan diantaranya : Kerumitan dan kompleksitas aktivitas ; Kualifikasi personel pelaksana ; Sifat aktivitas (kritis tidaknya terhadap mutu, keselamatan, atau faktor lainnya); Struktur dan Isi Tidak ada bentuk bakunya, tetapi menurut good management practice di dunia industri; Secara garis besar memuat : Tahapan pelaksanaan aktivitas ; Alat yang digunakan; Standar atau parameter yang dirujuk; Metode pengukuran, pengujian, dan pemeriksaan.

TUJUAN

1. Memberikan peserta pelatihan pengetahuan tentang peran dan fungsi serta manfaat SOP dan Instruksi Kerja dalam bidang kelistrikan.

2. Memberikan peserta pelatihan pengetahuan tentang konsep dasar hukum pebuatan SOP dan Instruksi Kerja dalam bidang kelistrikan.

3. Memberikan peserta pelatihan pengetahuan tentang tahapan dalam pembuatan SOP dan Instruksi Kerja dalam bidang kelistrikan.

MATERI

1. Perkembangan Dunia Kelistrikan

2. Jenis-jenis SOP

3. Jenis-jenis Instruksi Kerja

4. Peran dan fungsi serta manfaat SOP dan Instruksi Kerja di bidang kelistrikan.

5. Dasar hukum pebuatan SOP dan Instruksi Kerja di bidang kelistrikan.

6. Metode dan tahapan dalam pembuatan SOP dan Instruksi Kerja di bidang kelistrikan.

7. Simulasi/Praktek pembuatan SOP dan Instruksi Kerja di bidang kelistrikan.

8. Monitoring dan Evauasi Pelaksanaan SOP dan Instruksi Kerja di bidang kelistrikan.

PESERTA

1. Direktur Operasional dan Manajer Operasional

2. Supervisor/Kabag Keuangan dan Staf di bagian Operasional

3. Supervisor/staf bidang lain yang relevan

PEMATERI DAN METODE PELATIHAN read more

TRAINING AWARENESS ISO 9001:2015 QUALITY MANAGEMENT SYSTEM BAGI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PENGELOLA INSTANSI PEMERINTAH PUSAT ATAUPUN INSTANSI PEMERINTAH DAERAH

Januari 2, 2019 admin 0

PENDAHULUAN

Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. Berbagai permasalahan/hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperharui. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Selain itu dengan sangat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Reformasi di sini merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga tidak termasuk upaya dan/atau tindakan yang bersifat radikal dan revolusioner.

ISO 9001 adalah standar internasional mengenai persyaratan suatu Sistem Manajemen Mutu yang sudah diakui lebih dari 180 negara di dunia. Saat ini ISO 9001 2015 sudah dapat di lakukan sehingga untuk perusahaan yang sudah menerapkan versi 2008 perlu melakukan pemahaman terhadap versi 2015 guna mempersiapkan upgrading ke versi 2015. Seperti kita ketahui bahwa pada bulan September 2015 yang baru lalu, telah terbit versi terbaru ISO 9001, yang kita kenal dengan ISO 9001:2015. Terdapat beberapa perubahan yang cukup mendasar yaitu diperkenalkannya “risk based thinking” pada versi terbaru ini. Seperti kita ketahui, ISO 9001 berevolusi dari tahun 1988 hingga 2015 ini, dari document based, process based hingga versi terbaru risk based thinking. read more

PELATIHAN PENYUSUNAN STANDAR OPERATION PROCEDUR (SOP) DAN INSTRUKSI KERJA DI BIDANG KONSTRUKSI

Desember 13, 2018 admin 0

PENDAHULUAN

Usaha di bidang konstruksi di Indonesia dari dulu hingga saat ini mengalami banyak perkembangan baik dari sisi tehnologi pengerjaan proyek maupun dari sisi pendanaan proyek. Semakin besar nilai proyek yang akan dilaksanakan dalam suatu waktu maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Karena itu setiap pengusaha di bidang konstruksi berusaha selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pemegang saham agar semakin banyak orang yang mau menggunakan jasa perusahaan konstruksi tersebut. Guna mendukung pengerjaan proyek yang memuaskan bagi konsumen maka manajemen operasional dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi membutuhkan serangkaian peraturan yang disusun sebagai SOP dan Instruksi Kerja. read more

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS DIRI PENGURUS DAN ANGGOTA DARMA WANITA DALAM KETUGASANNYA DI DALAM ORGANISASI DAN KELOMPOK MASYARAKAT

Desember 13, 2018 admin 0

PENDAHULUAN

Sebagaimana kita ketahui bersama “Dharma Wanita” adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hari lahir Dharma Wanita ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999 pada sebuah rapat nasional. Tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional. Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu “Membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur”. Anggota organisasi Dharma Wanita adalah semua istri PNS di Indonesia yang meliputi istri PNS, istri pejabat negara bidang pemerintahan, istri pensiunan dan janda PNS, istri pegawai BUMN atau BUMD, istri pensiunan atau janda pegawai BUMN atau BUMD, istri kepala perwakilan Indonesia di luar negeri, istri perangkat pemerintah desa, istri TNI, istri POLRI, dan pensiunan PNS wanita. read more

BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KAPASITAS DIRI PENGURUS DAN ANGGOTA TIM PKK

Desember 12, 2018 admin 0

PENDAHULUAN

Dalam siklus pengembangan masyarakat, proses peningkatan kapasitas dilakukan secara berulang-ulang sehingga kesadaran terhadap pembangunan akan menjadi budaya dan bagian dari masing-masing individu dalam masyarakat. Pemahaman mengenai pengembangan masyarakat sebagai sebuah proses juga harus diikuti dengan usaha peningkatan kapasitas yang terus menerus. Keluaran dari proses pengembangan masyarakat bukanlah suatu kondisi yang berhenti pada sebuah titik tertentu saat tujuan pengembangan itu dinyatakan tercapai, namun keluarannya harus berupa siklus yang terus menerus dan berkelanjutan, karena kondisi dan dinamika masyarakat terus. read more

MEKANISME PELAKSANAAN AUDIT KEPERAWATAN DALAM MENINGKATKAN EVALUASI & MUTU PELAYANAN MEDIS DI SETIAP LAYANAN RS GUNA TERHINDAR DARI KRIMINALIASI-HUKUM MENUJU PRASYARAT AKREDITASI SNARS VERSI 2018

Desember 12, 2018 admin 0

PENDAHULUAN

Rumah sakit sebagai entitas pelayanan yang bermutu tinggi dalam menempatkan kinerja dan efektifitnya, dibutuhkan prosedur yang dapat mampuni untuk mengatur sejauh mana penempatan kinerja internal seperti audit keperawatan  dapat memberikan solusi yang dapat memperhatikan fungsi dan prosedur mekansme pelaksanaan medis dalam menjalankan tugas mulyanya sebagai tenaga keperawatan yang bisa memulihkan derita ketidaksehatan maupun penyakit yang diidap oleh pasien. Dalam hal ini, diperlukan untuk menunjang sistem pelayanan medis yang optimal dan bisa dipertanggungjawabkan perlu dilakukan upaya evaluasi secara profesional terhadap mutu pelayanan kepada klien baik di pelayanan primer, pelayanan sekunder maupun pelayanan tersier. read more

PELATIHAN BUSINESS DEVELOPMENT & PLANNING

Desember 12, 2018 admin 0

PENDAHULUAN                                                                                                                            

Secara umum, pengertian pengembangan bisnis meliputi proses yang harus dijalani demi memajukan usaha yang sedang dijalankan. Proses mengembangkan usaha sendiri beragam. Ada yang mengembangkan bisnis dari segi modal. Ada pula yang mengembangkan keterampilan berwirausaha. Ada yang memilih meningkatkan penjualan guna menambah keuntungan perusahaan. Beragam cara mengembangkan usaha tidak akan terealisasi dengan baik tanpa diserta perencanaan yang matang. Sehingga, perencanaan dan pengembangan usaha adalah kombinasi yang harus diterapkan demi meningkatkan penjualan produk. read more

Safety Plan Management

Pelatihan Safety Plan Management

Februari 27, 2018 admin 0

Pelatihan Safety Plan Management

Perusahaan harus menentukan, mendokumentasikan dan mengumumkan tanggung jawab, wewenang, dan juga akuntabilitas berkaitan yang diperlukan untuk menerapkan Sistem Manajemen SHE. Dasar dari SHE-MS adalah kepemimpinan dan komitmen dari manajemen puncak perusahaan, dan kesiapannya untuk menyediakan sumber daya yang memadai untuk hal-hal SHE. Perhatian khusus diberikan oleh Top Manajemen dalam menunjukkan komitmen nyata mereka

SAFETY PLAN adalah Sebuah rencana keselamatan praktis yang dapat membantu perusahaan dalam menghindari potensi bahaya dan dapat mengendalikannya dengan cara yang terbaik ketika dalam kondisi berbahaya tersebut. Safety Plan sering digunakan oleh Pengguna Jasa / Owner sebagai salah satu persyaratan dalam TENDER. Safety Plan atau sering disebut juga sebagai HSE Plan (Health Safety Environment Plan) selain mempertimbang kondisi berbahaya bagi manusia juga mempertimbangkan terhadap kondisi faktor lingkungan, flora dan fauna yang ada disekitar proyek yang akan dikerjakan. Dalam proyek-proyek Kementrian PU Safety Plan lebih dikenal dengan istilah RK3K (Rencana K3 Kontrak). Berdasarkan PermenPU No.05 tahun 2014, RK3K terbagi menjadi 2 yaitu RK3K Penawaran dan RK3K Pelaksanaan. read more

Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Februari 27, 2018 admin 0

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Peningkatan Kualitas Kepemimpinan dan Manajemen Pelayanan Kelembagaan Pemerintah Desa, Guna Mendukung Berkembangnya Potensi-Potensi Ekonomi Di Pedesaan

Sebagai salah satu upaya yang serius dalam suatu kegiatan dalam membangun tingkat ekonomi di wilayah pedesaan, sudah saatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang selama ini hanya terlihat dan terdengar sebagai “jargon politik” para politisi harus segera di realisasikan. Salah satunya adalah melalui pengembangan investasi masuk desa.  Agar masyarakat desa tidak hanya menjadi penonton di desanya sendiri, maka di perlukan alih teknologi dan manajemen dijadikan sebagai tujuan utama yang tentu saja harus dikelola secara profesional namun tidak lepas dari unsur nilai, norma-norma kehidupan masyarakat di desa yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. read more

Integration Management System & Internal Audit

Pelatihan Integration Management System & Internal Audit

Februari 27, 2018 admin 0

Pelatihan Integration Management System Internal Audit

Pelatihan Integration Management System Internal Audit

Sudah seharusnya pemilik dan manajemen suatu perusahaan harus merancang supaya sebuah proses produksi terjaga kualitas terbaiknya dari awal hingga akhir. Kualitas yang baik harus diupayakan di seluruh organisasi perusahaan. Dengan demikian maka kualitas harus didisain supaya sesuai dengan standard kualitas pelanggan dan standard kualitas produsen. Proses manajemen kualitas dalam seluruh bagian organisasi perusahaan telah berkembang menjadi apa yang disebut QMS atau Quality Management System. Sedangkan Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) adalah alat untuk mengelola dampak dari kegiatan organisasi di lingkungan. Memberikan suatu pendekatan terstruktur untuk perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah perlindungan lingkungan. Sebuah EMS memonitor kinerja lingkungan, mirip dengan cara sistem pengelolaan keuangan yang memonitor pengeluaran dan pendapatan dan memungkinkan pemeriksaan reguler dari kinerja keuangan perusahaan. Hal lain yang menjadi komponen penting yaitu OHSAS dimana Target dan tujuan dari manajemen sistem kesehatan dan keselamatan kerja ini adalah untuk menciptakan kesehatan dan keselamatan kerja dalam tempat kerja di semua bagain yang terkait didalamnya sehingga dapat dicegah dan dikurangi timbulnya kecelakaan dan penyakit yang menyebabkan dan mepengaruhi kerja serta penciptaan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, efisien dan produktif dalam bekerja. read more

Logo LSP MPSDM

PELATIHAN & UJI KOMPETENSI BNSP SKEMA SUPERVISOR MANAJEMEN KINERJA DAN KARIR / CAREER & PERFORMANCE MANAGEMENT SUPERVISOR

Januari 15, 2018 admin 0

LSP MPSDM BNSP – LEVEL IV
PELATIHAN & UJI KOMPETENSI BNSP SKEMA SUPERVISOR MANAJEMEN KINERJA DAN KARIR (SMKK)
CAREER PERFORMANCE MANAGEMENT SUPERVISOR (CPMS)

Pasar bebas ASEAN sudah diterapkan, dan konsekuensinya adalah SDM dari Negara-negara ASEAN bebas meniti karir di antara negara-negara yang telah menandatanganinya. Untuk melindungi dan mengembangkan SDM dalam negeri, Pemerintah membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. LSP MPSDM (Lembaga Sertifikasi Profesi) Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu LSP yang diberi lisensi oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi dalam bidang manajemen dan pengembangan SDM, dengan menggunakan jenis skema sertifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/Level. read more

Logo LSP MPSDM

PELATIHAN & UJI KOMPETENSI BNSP LSP MPSDM-LEVEL IV SKEMA SUPERVISOR HUBUNGAN INDUSTRIAL (SHI)/INDUSTRIAL RELATIONS SUPERVISOR (IRS)

Januari 15, 2018 admin 0

LSP MPSDM LEVEL IV SKEMA SUPERVISOR HUBUNGAN INDUSTRIAL SHI
INDUSTRIAL RELATIONS SUPERVISOR IRS

Pasar bebas ASEAN sudah diterapkan dan konsekuensinya adalah SDM dari Negara-negara ASEAN bebas meniti karir di antara negara-negara yang telah menandatanganinya. Untuk melindungi dan mengembangkan SDM dalam negeri, Pemerintah membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. LSP MPSDM (Lembaga Sertifikasi Profesi) Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu LSP yang diberi lisensi oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi dalam bidang manajemen dan pengembangan SDM, dengan menggunakan jenis skema sertifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/Level. read more

Logo LSP MPSDM

LSP MPSDM-PELATIHAN & UJI KOMPETENSI/SERTIFIKASI BNSP LEVEL IV SKEMA SUPERVISOR PENGADAAN, PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN SUMBER DAYA MANUSIA (SPPPSDM)/HUMAN RESOURCE RECRUITMENT, SELECTION AND PLACEMENT SUPERVISOR (HRCSPS)

Januari 15, 2018 admin 0

LSP MPSDM LEVEL IV SKEMA SUPERVISOR PENGADAAN PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN SUMBER DAYA MANUSIA SPPPSDM HUMAN RESOURCE RECRUITMENT SELECTION AND PLACEMENT SUPERVISOR HRCSPS

Pasar bebas ASEAN sudah diterapkan, dan konsekuensinya adalah SDM dari Negara-negara ASEAN bebas meniti karir di antara negara-negara yang telah menandatanganinya. Untuk melindungi dan mengembangkan SDM dalam negeri, Pemerintah membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. LSP MPSDM (Lembaga Sertifikasi Profesi) Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu LSP yang diberi lisensi oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi dalam bidang manajemen dan pengembangan SDM, dengan menggunakan jenis skema sertifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/Level. read more

Logo LSP MPSDM

LSP MPSDM- PELATIHAN & UJI KOMPETENSI/SERTIFIKASI BNSP LEVEL III (STAF/OFFICER)

Januari 15, 2018 admin 0

Sertifikasi Profesi Bidang Manajemen dan Pengembangan
SDM Sumber Daya Manusia Level III Staf Officer

Untuk melindungi berbagai profesi personal di Indonesia dalam menghadapi pasar bebas ASEAN, Pemerintah membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. LSP MPSDM (Lembaga Sertifikasi Profesi) Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu LSP yang diberi lisensi oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi dalam bidang manajemen dan pengembangan SDM, dengan menggunakan jenis skema sertifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/Level. read more

Building Management

PELATIHAN BUILDING MANAGEMENT

Januari 11, 2018 admin 0

PELATIHAN BUILDING MANAGEMENT

PENDAHULUAN

Sebagaimna kita ketahui bersama, bahawa bagi sebuah perusahaan, gedung atau bangunan merupakan aset yang sangat penting bagi kelangsungan perusahaan karena di dalam gedung tersebutlah proses kinerja dan produksi dilakukan. Pemeliharaan terhadap gedung atau bangunan harus selalu dilakukan dan dijaga secara terus-menerus atau continue, hal ini dilakukan guna menghindari biaya yang tidak perlu karena kurangnya pemeliharaan dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah demi menjamin keselamatan bagi para penghuninya. read more

Document

Pelatihan Inovative Filling Management

Januari 11, 2018 admin 0

Pelatihan Inovative Filling Management

PENDAHULUAN

Dokumen atau arsip adalah aset yang berarti penting bagi perusahaan, yaitu sebagai alat dasar bagi manajemen untuk menyusun rencana program (business plan), mengorganisasi, memimpin, dan mengawasi pelaksanaan kegiatan. Untuk melaksanakan semua fungsi tersebut diperlukan data dan informasi yang up-to-date, informasi dalam bentuk yang tepat, pada saat yang tepat dan tempat yang tepat, dengan adanya arsip/records maka akan dapat diketahui bermacam-macam informasi yang sudah dimiliki, sehingga dapat membantu dalam membuat keputusan. read more

Logo lsp konstruksi

LSP KONSTRUKSI-Manajer Lapangan Pelaksanaan Pekerjaan Gedung

Januari 7, 2018 admin 0

LSP KONSTRUKSI
Pelatihan dan Uji Sertifikasi BNSP bagi Profesi Manajer Lapangan Pelaksanaan Pekerjaan Gedung

 

PENDAHULUAN

Menurut Undang-undang tentang Jasa konstruksi, “Jasa Konstruksi” adalah layanan jasa konsultansi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi. “Pekerjaan Konstruksi” adalah seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan mencakup pekerjaan arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan masing-masing beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya. read more

Digital_Rights_Management_Enterprise_Mobility

Pelatihan Operational Excellence Management System

November 20, 2017 admin 0

Pelatihan Operational Excellence Management System

Pelatihan Operational Excellence Management System merupakan salah satu strategi bersaing bagi perusahaan yang mampu memberikan nilai lebih bagi customer. Perusahaan akan memiliki nilai yang lebih baik melalui penerapan strategi operation excellence, bahkan bisa dikategorikan sebagai perusahaan kelas dunia. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut sudah tentu mempunyai berbagai macam instrumen dalam mengelola produk/jasa sesuai dengan standard kerja internasional.

Mengola sumber daya yang dimiliki dengan berbagai sistem manajemen untuk mencapai predikat operational excellence bukanlah hal yang mudah. Perusahaan terlebih dahulu harus memiliki infrastruktur berupa perangkat software, hardware, serta SDM yang berkompeten dan konsisten dalam menjalankan program operational excellence ini. Strategi ini akan lebih berhasil apabila selain memiliki produk yang baik dan berkualitas, juga berkomitmen nyata dalam memberikan pelayanan yang memuaskan bagi customer. read more

facilities management sydney

Pelatihan Manajemen Produksi dan Operasi

November 20, 2017 admin 0

Pelatihan Manajemen Produksi dan Operasi

Di dalam melaksanakan suatu produksi, suatu perusahaan memerlukan manajemen yang berguna untuk menerapkan dan melaksanakan hasil dari keputusan-keputusan yang telah dibuat, baik pengaturan dan koordinasi pemanfaatan sumber daya kegiatan produksi, hal inilah yang dikenal sebagai manajemen produksi. Sedangkan manajemen operasi merupakan serangkaian kegiatan pengubahan input menjadi output sebagai bentuk pertambanhan nilai baik barang ataupun jasa.

Sehingga dapat dikatakan bahwa manajemen operasi dan produksi merupakan serangkaian proses dalam menciptakan barang dan jasa atau kegiatan mengubah bentuk dengan menciptakan atau menambah manfaat suatu barang dan jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan perekonomian, konsep manajemen operasi menjadi semakin berkembang dan mempunyai peranan yang semakin dominan dalam pengembangan perusahaan agar keefisienan dan keefektifan dapat dicapai dengan baik dengan tetap mempunyai daya saing yang kuat. read more

pmo fact find

Strategi Komunikasi Bagaimana Cara Menangkan Pasar

November 20, 2017 admin 0

Strategi Komunikasi Bagaimana Cara Menangkan Pasar

Tetap menjaga kepercayaan publik (public trust) merupakan segalanya bagi korporasi untuk memenangkan pasar pada tingkat persaingan bisnis yang kian ketat. Penetapan strategi komunikasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi perusahaan. Strategi komunikasi penting untuk meningkatkan nilai perusahaan, baik yang sudah go public, maupun non go public. Karenanya, menjaga kepercayaan publik (public trust) suatu yang mutlak. Kurang tepatnya strategi komunikasi dapat mengakibatkan berkurangan nilai perusahaan (corporate value). Sementara, tingkat persaingan bisnis kian hari semakin berat dan ketat. read more

Foto Ilustrasi mener

Pelatihan Pemahaman Kepailitan Perusahaan

November 18, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Kata “pailit” telah sering kita dengar akhir-akhir ini. Banyak perusahaan maupun perorangan yang dinyatakan pailit oleh pengadilan karena tidak membayar utang-utangnya yang telah jatuh tempo. Kata pailit berasal dari bahasa Prancis; failite yang berarti kemacetan pembayaran. Secara tata bahasa, kepailitan berarti segala hal yang berhubungan dengan pailit. Istilah lain yang biasa digunakan ialah bangkrut. Hal tersebut mengacu hukum kepailitan negara Anglo Saxon yang menyebutnya bankruptcy yang berarti ketidakmampuan membayar utang. Kata bankrupycy tersebut kemudian diterjemahkan bangkrut dalam Bahasa Indonesia. Perlu diketahui bahwa pailit bisa terjadi pada perusahaan yang kondisi keuangannya sehat, perusahaan tersebut dipailitkan karena tidak membayar utang yang telah jatuh tempo dari salah satu atau lebih kreditornya. Jadi, unsur utama dari kepailitan ialah adanya utang. read more

IT-recruiter

Pelatihan Managerial Skill Untuk Manajer Baru

November 18, 2017 admin 0

Pelatihan Managerial Skill Untuk Manajer Baru

PENDAHULUAN

Dalam sebuah bisnis, manajer memegang banyak sekali peranan. Peranan yang paling utama tentunya adalah sebagai pemimpin yang mengatur jalannya suatu managemen bisnis baik dalam hal perencanaan, pembuatan strategi, pengelolaan, dan eksekusi jalannya suatu sistem manajemen.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin, seorang manajer tentunya dibantu oleh banyak pihak, tetapi keputusan terakhir sebelum hal tersebut dibawa ke tingkat yang lebih tinggi lagi adalah pada tangan seorang manajer. Keterampilan Manajemen untuk Manajer Baru didasarkan kepada banyaknya persoalan yang akan mereka hadapi dalam melaksanakan tugas dalam mencapai tujuan yang sudah digariskan oleh top management. Persoalan dalam bekerja tidak hanya didapatkan dari atasan namun juga dari bawahan yang kadang kala harus bisa diatasi dalam suatu waktu. read more

pajak2

Pelatihan Perpajakan Untuk Personalia /HRD Perusahaan

November 18, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Informasi merupakan suatu komponen yang sangat penting bagi perusahaan karena kunci sukses perusahaan sangat tergantung pada ketepatan keputusan yang diambil manajerial berdasarkan informasi yang tersedia pada perusahaan yang bersangkutan. Misalnya informasi terkait perpajakan sangat dibutuhkan oleh manajemen bukan hanya diperlukan bagian akuntansi dan atau bagian keuangan namun informasi tersebut juga penting untuk bagian HRD/personalia. Makan dari pada itu  jangan berpendapat pajak hanya urusan bagian akuntasi dan perpajakan tetapi semua departemen harus juga mengerti segala sesuatu terkait pajak, tentunya di sesuaikan dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya. Sebagai seorang HRD yang baik sudah selayaknya memahami pelaksanaan tugas-tugas diperusahaan dalam mengelola tenaga kerja secara lebih sistimatis dan efisien. Namun pada kenyatannya justru malah banyak pelaksana HRD yang malah enggan terlibat dengan segala perihal terkait pajak atau perpajakan, seolah itu bukan urusannya. read more

feature

Pelatihan Strategi Promosi Pemasaran Produk/Jasa

November 18, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Pemasaran merupakan “jantung” perusahaan, sebuah produk akan dikenal luas oleh konsumen jika dipromosikan. Banyak bentuk iklan dan promosi yang beredar di publik  hingga banyak konsumen yang  hafal lagu, yel-yel, dan slogan suatu produk. Namun, jarang yang membeli produk tersebut. Untuk itu dibutuhkan cara-cara unik untuk mempromosikan produk. Dari sekian banyak strategi ang sangat popular adalah strategi marketing mix atau bauran pemasaran. read more

Pelatihan Purchasing Audit

Pelatihan Purchasing Audit

November 15, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Fungsi pembelian sering diangap fungsi yang paling penting dan berpengaruh pada unit-unit operasi yang ada di perusahaan. Pada banyak perusahaan, fungsi pembelian merupakan awal dari sebuah proses bisnis. Dengan tujuan memenuhi permintaan pelanggan, perusahaan harus membeli barang-barang kebutuhan dan bahan baku yang diminta, untuk mengumpulkan atau memproduksi produk-produk perusahaan. Ini adalah proses dalam mendapatkan barang-barang, bahan baku, komponen dan layanan yang merupakan tugas utama dan tanggung jawab departemen pembelian. Dalam sebuah perusahaan dimana terdapat sistem pembelian yang efektif, pembelian material dapat menghemat biaya bagi perusahaan. Dalam suatu kegiatan pembelian tentu saja melibatkan berbagai masalah yang bila tidak ditangani secara terencana dapat menimbulkan berbagai persoalan yang serius. read more

Pelatihan Operational & Risk Approach Internal Auditing

Pelatihan Operational & Risk Approach Internal Auditing

November 15, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Pola audit yang didasarkan atas pendekatan risiko (risk based audit approach) yang dilakukan oleh internal auditor lebih difokuskan terhadap masalah parameter risk assesment yang diformulasikan pada risk based audit plan.Berdasarkan risk assesment tersebut dapat diketahui risk matrix, sehingga dapat membantu internal auditor untuk menyusun risk audit matrix. Manfaat yang akan diperoleh internal auditor apabila menggunakan risk based audit approach, antara lain internal auditor akan lebih efisien dan efektif dalam melakukan audit, sehingga dapat meningkatkan kinerja Departemen Internal Audit. read more

backlinks detective

Pelatihan Membangun dan Mengembangkan Internal Audit

November 15, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Perusahaan, baik milik negara maupun swasta, sebagai suatu pelaku ekonomi tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi dewasa ini. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan diantaraperusahaan, sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan berbagai sumber dana dan daya yang ada. Sebagai konsekuensi logis dari timbulnya persaingan yang semakin tajam, ada tiga kemungkinan yaitu mundur, bertahan atau tetap unggul dan bahkan semakin berkembang.Agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan berkembang diperlukan upaya penyehatan dan penyempurnaan meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan. read more

risk

Pelatihan Business And Key Risk Asessment

November 15, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Adanya risiko seperti risiko keuangan yang timbul dalam lingkungan bisnis berasal dari   faktor- faktor internal. Risiko terkait dengan efek  ketidakpastian terhadap pencapaian sasaran-sasaran perusahaan.  Pendekatan modern terhadap risiko adalah bahwa risiko perlu  dikelola secara integratif dan menyeluruh oleh setiap unit kerja dan  personal dengan dipimpin langsung oleh pengurus perusahaan dan  manajemen puncak (enterprise risk management).

Manajemen risiko korporasi (MRK), atau dikenal dengan singkatan bahasa Inggris ERM (enterprise risk management), adalah suatu proses, yang dipengaruhi oleh dewan direktur, manajemen, dan personel lain dalam perusahaan, yang diterapkan pada tataran strategis dan menyeluruh, yang dirancang untuk mengidentifikasi potensi peristiwa yang dapat memengaruhi perusahaan dan untuk memberikan jaminan yang wajar terhadap pencapaian sasaran perusahaan . MRK menyediakan kerangka kerja manajemen risiko, yang umumnya melibatkan proses identifikasi peristiwa yang dapat berpengaruh terhadap sasaran perusahaan (risiko dan peluang), penilaian kemungkinan dan dampak peristiwa tersebut, penentuan strategi tanggapan, serta pemantauan pelaksanaan tanggapan tersebut. read more

search audit

Pelatihan Penulisan Laporan Audit dan Recommendation (ARR)

November 15, 2017 admin 0

PENDAHULUAN

Tahap pelaporan adalah tahap yang paling penting dari siklus pekerjaan audit kinerja. Laporan audit harus dikomunikasikan dengan semua tingkat pada organisasi auditee supaya menghindari adanya salah tafsir atau salah pengertian antara auditor dengan auditee, memudahkan implementasi tindak lanjut, dan memungkinkan hasil audit digunakan sebagai alat pengendalian sosial. Sedangkan manfaat dari suatu laporan audit adalah sebagai alat komunikasi antara auditor dan auditee, serta pejabat berwenang. Manfaat lainnya sebagai bahan atau dasar bagi auditee untuk melakukan tindakan perbaikan dan tindak lanjut serta sebagai ukuran untuk menilai tingkat kecukupan tindakan perbaikan yang telah dilakukan.Tujuan pelaporan hasil audit adalah menyediakan informasi, rekomendasi dan penilaian yang independen bagi para pengguna laporan mengenai pelaksanaan kegiatan entitas yang diaudit. read more