Coaching

Coaching

Coaching  adalah suatu proses interaktif yang digunakan oleh para manager dan supervisor untuk untuk melatih dan memberikan orientasi kepada karyawan tentang realitas di tempat kerja dan membantu untuk mengatasi masalah kinerja dan meningkatkan keterampilan dan kecakapan karyawan dengan cara melatih karyawan untuk bisa :

  1. Mengindentifikasi dan mengembangkan kelebihan mereka.Sesi Coaching
  2. Mengenali dan mengolah area – area yang perlu dikembangkan.
  3. Membuat strategi untuk karier dan pengembangan pribadi.

 

Coaching bertujuan untuk meningkatkan  performa individu guna kepentingan individu itu sendiri dan ataupun perusahaan/organisasi.

5 ( lima) langkah utama dalam melakukan coaching (5 – Step Coaching Process), yakni :

  1. Memetakan & membatasi (framing) masalah yang dihadapi
  2. Mendiskusikan penyebab masalahnya
  3. Mengenali dan mencatat solusi yang mungkin
  4. Mengembangkan rencana kerja secara spesifik
  5. Mengelola dan menjadwalkan sesi tindak lanjut (follow up)

 

5 Step Coaching Process

Alur Layanan Coaching

konsep coachingProgram Coaching yang kami berikan :

  1. One by one Coaching
  2. Group Coaching

Tema Coaching :

  1. Business Coaching
  2. Life Coaching
  3. Leadership Coaching
  4. tema yang lain

Sebaiknya tema ditentukan oleh coachee, namun dalam beberapa kondisi, ada kebingungan menentukan fokus, sehingga bisa melalui diskusi awal. Seringkali muncul beberapa tema untuk kemudian coach dan coachee menentukan prioritas masing-masing tema sebagai tema sesi.

Sesi coaching juga beragam, tidak hanya melalui tatap muka, melainkan dalam satu proses bisa terdiri dari sesi tatap muka, sesi via telpon termasuk chatting dengan waktu sesuai kesepakatan dengan durasi sekitar 45-60-90 menit. Jarak setiap sesi beragam, bisa satu minggu atau lebih karena proses ini meliputi tindakan untuk mencapai goal coaching. Tindakan ini pun bermacam-macam, mulai dari membaca buku, mengikuti pelatihan, melakukan aktivitas, mengubah pola aktivitas, berkonsultasi dengan pihak terkait, menulis jurnal harian, dsb. Total sesi bisa berlangsung sekitar 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Biaya Coaching Program

Biaya dimulai dari Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) per sesion, dengan durasi persesion 2 jam.  untuk one by one coaching sedangkan untuk group coaching Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) per sesion dengan jumlah peserta coaching minimal 3 orang dan maksimal  5 orang.

Untuk hasil yang maksimal dibutuhkan minimal 5 sesion coaching  disesuaikan dengan tema coachingnya.